Ads 468x60px


5 Juli 2009

Stetoskop Elektronik

Stetoskop merupakan peralatan medis yang cukup sederhana untuk menentukan kondisi pasien. Obyek pengamatan menggunakan stetoskop biasanya suara jantung atau suara paru. Teknik ini biasa disebut dengan auskultasi. Masalah yang timbul pada auskultasi paru atau jantung menggunakan stetoskop adalah noise lingkungan, kepekaan telinga, frekuensi dan amplitudo yang rendah, dan pola suara yang relatif sama.

Stetoskop elektronik terdiri dari membran dan selang dari stetoskop konvensional ditambah dengan mic kondensor yang kemudian terhubung dengan PC melalui soundcard. Suara jantung atau suara paru yang terekam melalui soundcard ini kemudian dapat diolah secara digital menggunakan perangkat lunak berbasis Matlab yang telah dirancang.

Pengolahan sinyal yang dapat dilakukan antara lain: LPF, BPF, HPF, BSF dengan bentuk FIR atau IIR, serta pengamatan spektral sinyal. Untuk FIR digunakan metode windowing, sedangkan untuk IIR digunakan jenis filter butterworth, chebychev dan elliptic. Pada tahap awal penelitian ini, pengolahan sinyal yang dilakukan hanya sampai untuk memperkuat sinyal atau menghilangkan komponen suara yang mengganggu (noise) sehingga komponen suara paru atau suara jantung yang berisi sinyal informasi dapat lebih diperjelas. Perangkat ini akan berguna sebagai alat bantu ajar untuk pendidikan teknik biomedika atau pendidikan kedokteran serta alat bantu akusisi data untuk penelitian mengenai suara fisiologis manusia.

Pada tahap selanjutnya akan dikembang untuk dapat mendeteksi kelainan jantung atau paru dari data suara jantung atau paru yang didapat.