Ads 468x60px


9 Mei 2010

Komunitas Bebagi Ilmu Hacking

Informasi seputar sistem keamanan komputer, tips dan triknya, dapat dipelajari dari berbagai sumber. Salah satunya dari forum atau komunitas di Internet.

Ingin tahu banyak mengenai ilmu hacking serta “jeroan” sistem keamanan komputer? Ada banyak website komunitas yang bisa Anda sambangi.  Di antaranya adalah Jasakom, Yogyafree, dan Kecoak Elektronik. Kalau mau, Anda pun bisa mendaftar sebagai anggota. Sharing ilmu bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.

Jasakom
Komunitas hacking ini dimulai pada tahun 2000. Penggagasnya adalah S’to dan rekannya yang dikenal dengan nick Ruth.
“Saat itu, saya masih bekerja di AQUA sebagai staf IT di bagian Network. Ruth juga kerja di tempat yang sama, tapi di divisi software development,” kata S’to. Awalnya, mereka berencana membuat sebuah website untuk membantu orang-orang yang kurang paham soal komputer.
“Saat itu, nama yang terlintas adalah Jasacom.com. Tidak banyak ide nama yang muncul, mungkin juga karena waktu itu kami kurang serius,” aku S’to. Karena nama tersebut sudah ada yang punya, mereka lalu memilih nama Jasakom.com. Website itu pun sempat menjadi domain “tidur” lantaran S’to baru mulai belajar soal security.
Suatu hari, dia menjajal keamanan sebuah website e-banking. Tak dikira, ternyata website itu mudah diterobos. Akhirnya, S’to mengaktifkan lagi domain Jasakom.com untuk memposting berita-berita seputar keamanan internet. Isinya  berupa tutorial hacking. Posting itu menjadi kontroversi dan membuat Jasakom mendadak terkenal.
“Alasan saya membuat milis Jasakom dulu adalah karena saya kecewa saat mengikuti milis ITCenter yang merupakan milis TI terbesar waktu itu. Banyak email tidak berguna yang membuat mailbox saya seperti terkena bom, padahal saya sangat tertarik dengan diskusi soal TI,” kata S’to. Karena itu, para moderator di milis ini rajin menyortir pesan-pesan para anggotanya.
Asakom Banyak pakar TI jadi anggota komunitas  ini. Mereka siap menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis dalam forum.
Asakom Banyak pakar TI jadi anggota komunitas ini. Mereka siap menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis dalam forum.
Diskusi-diskusi teknis di forum ini berjalan lancar karena ada banyak pakar TI yang akan menjawab pertanyaan para anggota. Sekarang, ada beberapa moderator yang aktif di Jasakom. Selain S’to, ada Pirus, Memet Anwar, Xnuxer, Rizki, Onno W. Purbo, Zoer1971, Tom Gregory, kilurah, xtrainet, ­Toto, dan JuN3T.
Per Agustus 2009, kata S’to, tercatat 18.344 orang yang menjadi anggota Jasakom. Sejak 2004, komunitas ini ia kembangkan menjadi sebuah perusahaan penerbitan buku. Buku pertama yang diterbitkan adalah Seni Internet ­Hacking yang ditulis oleh S’to.
Rencananya, Oktober mendatang, Jasakom akan mengadakan kopi darat. “Di acara kopi darat biasanya kami membicarakan soal komunitas, seperti kebijakan dan kegiatan yang akan dilakukan, termasuk juga isu-isu keamanan,” kata S’to. Anda tertarik untuk bergabung?