Ads 468x60px


20 Juni 2010

Cara Membenahi Halaman About Me

remember who you are-real-actual
Halaman “tentang saya” atau “about me” merupakan satu halaman statis yang menjelaskan mengenai siapa pemilik /identitas dari blog tersebut. Tujuannya adalah agar pengunjung mengetahui siapa yang berada di balik blog yang dia baca. Saya sangat menyarankan anda untuk memiliki halaman about tersendiri karena tiga hal:
  1. Jika blog anda merupakan blog pribadi, anda dapat “menunjukkan” siapa diri anda dan apa saja kapabilitas anda. Tidak jarang “proyek” datang karena hal ini.
  2. Halaman about yang baik membuat blog menjadi lebih dipercaya karena pengunjung dapat mengetahui siapa yang berada dibelakang konten yang dipublikasikan
  3. Menunjukkan dengan jelas siapa diri anda mendekatkan anda dengan pembaca blog anda
Sama seperti blog posttidak ada aturan yang saklek mengenai aturan menulis halaman about page. Namun, ada beberapa hal yang yang jika dicantumkan akan membuat halaman about anda lebih baik:

Sertakan gambar

Picture speaks thousand words. Yap, gambar berbicara banyak dan mendekatkan kita secara emosional. Untuk niche blog, anda bisa mencantumkan logo blog anda. Untuk personal blog, anda bisa menggunakan gambar diri anda yang kasual: tidak perlu formal tapi tetap menampilkan kesan yang hendak anda bangun.

Perkenalkan diri anda dan blog anda

Yap, perkenalkan siapa anda, dan blog anda. Menceritakan latar belakang diri anda juga bagus. Sesuaikan dengan tujuan anda membuat blog: jika untuk portfolio, pikirkan apa saja yang akan anda perkenalkan kepada calon klien / investor anda. Jika blog anda untuk suka-suka, cantumkan apa yang akan anda katakan pada saat berkenalan dengan teman baru. Akan lebih baik jika anda mencantumkan apa saja yang dibahas di blog anda dan apa yang menjadi tujuan blog anda. Intinya adalah, cantumkan apa yang orang lain ingin ketahui dari anda atau apa yang anda ingin orang lain ketahui mengenai anda / blog anda (seperti kelebihan blog anda, dll) – dalam batasan – batasan sewajarnya tentunya.
Sebagai panduan dasar, anda bisa mengikuti item-item ini:
  • Siapa anda / blog anda
  • Latar belakang anda / blog anda
  • Alasan dan tujuan blog / anda
  • Kelebihan anda / blog anda
  • Apa yang anda harapkan dari blog anda
  • Bagaimana pembaca bisa keep in touch dengan anda
Jika blog anda ditulis / dikelola oleh lebih dari satu blogger, memperkenalkan setiap penulis adalah ide yang bagus.

Selanjutnya apa?

Pikirkan apa yang anda ingin pembaca anda lakukan setelah selesai membaca mengenai indentitas anda dan blog anda. Ingin pembaca men-subscribe RSS anda? Cantumkan alaman RSS di akhir halaman about. Ingin pembaca mengetahui afiliasi anda? Cantumkan afiliasi-afiliasi anda! Ingin pembaca mengikuti anda di twitter? Cantumkan username twitter anda!
Oke, sekarang giliran anda. Apa saja yang anda cantumkan dalam halaman about blog anda?