Ads 468x60px


22 Agustus 2010

Browsing Aman dengan Explorer 9

Internet Explorer (IE) 9 Beta baru saja di launching tepatnya tanggal 15 september 2010 yang lalu, saya salah satu orang yang beruntung yang dapat mendownload IE 9 Beta di awal-awal peluncurannya, maklum ini juga salah satu keuntungan sebagai seorang MVP yang baisanya mendapatkan informasi-informasi peluncuran produk microsoft lebih awal di banding dengan pengguna yang lain. Kesan pertama saya menggunakan IE 9, dari segi tampilan IE 9 mempunyai tampilan yang sangat simple dan seperti menyatu dengan Window 7 selain itu performa IE 9 juga terasa lebih cepat jika di banding browser Microsoft sebelumnya IE 8. Untuk dapat mendownload IE 9 kamu bisa ke sini http://www.beautyoftheweb.com/.
clip_image002
Oke, di sini saya tidak akan terlalu banyak mebahas tentang user interface dari IE 9 tetapi akan membahas fitur-fitur keamanan yang terdapat pada Internet Explorer 9 yang dapat membuat anda aman berselancar di internet . Microsoft sangat memperhatikan masalah keamanan, hal ini juga untuk browser terbarunya IE 9. Mereka ingin pengguna browser IE 9 merasa aman dan nyaman ketika sedang berselancar di internet. Berdasar pada banyakanya kejahatan internet seperti pencurian data, IE 9 di lengkapi dengan fitur-fitur keamanan untuk melindungi privasi pengguna, data pengguna dan ancaman maleware.
Tidak jarang kita menggunakan komputer secara bersamaan seperti di rumah, kampus ,kantor atau juga warnet untuk beselancar ke internet. Salah satu penyebab utama pencurian data pribadi berawal dari sini. Rata-rata pengguna internet awam biasanya mereka tidak tau cara kerja dari browser itu seperti apa, secara default biasanya browser akan menyimpan Temporary file, Cookies (tiket login), Form data, Password dan lain lain. Karena itu ketika anda selesai berselancar di internet di harapkan untuk mengapus ‘jejak-jejak’ ini agar tidak di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengapus Browsing history pada IE 9 klik pada icon ToolsSafety lalu pilih Delete browsing history…
clip_image004
Untuk menghapus semua jejak sebaiknya centang dari setiap opsi kemudian klik tombol Delete.
clip_image006
Anda tidak ingin menjadi korban dari keganasan maleware dan phishing? Jangan lupa untuk mengaktifkan SmartScreen URL filtering. Dengan mengaktifkan fitur SmartScreen akan memberikan rasa aman ketika anda berselancar di internet, karena jika anda tidak sengaja masuk ke sebuah website yang mengandung maleware atau phishing maka browser akan memberikan peringatan.
clip_image008
Untuk mengaktifkan SmartScreen pda IE 9 klik pada icon ToolsSafety lalu pilih Turn off SmartScreen Filter…
clip_image010
Kemudian pilih Turn On SmartScreen Filter lalu klik tombol OK.
clip_image012
Seperti yang di claim oleh Microsot fitur SmartScreen ini telah berhasil memblok lebih dari 1,2 miliar maleware dan serangan phishing. Atas keberhasilan tersebut Microsoft terus mengembangkan SmartScreen, salah satunya pada Download Manager yang merupakan fitur baru pada IE9. Ketika anda mendownload file dari sebuah website berbahya yang tidak dikenal maka download manager akan memberikan peringatan. Seperti terlihat pda gambar di bawah.
clip_image014
clip_image016
Beberapa orang mungkin tidak ingin meninggalkan jejak pada komputer ketika sedang berselancar di internet. Mereka tidak ingin riwayat belanja online, email dan situs-situs yang telah di buka di ketahui oleh orang lain. InPrivate Browsing mencegah anda meninggalkan jejak ketika anda berselancar di internet seperti temporary Internet files, form data, cookies, usernames dan passwords yang di simpan oleh browser. Untuk mengaktifkan InPrivate Browsing klik pada icon ToolsSafety lalu pilih InPrivate Browsing kemudian akan muncul Jendela baru IE dengan keterangan InPrivate seperti pada gambar di bawah.
clip_image018
IE 9 juga di lengkapi dengan InPrivate Filter yang berfungsi untuk memblok trace balik oleh sebuah website. Beberapa content, image, ads, analytic yang di sediakan oleh sebuah website, kemungkinan mempunayai kemampuan untuk melacak prilaku anda ketika anda sedang berselancar. Secara Defaut InPrivate dalam posisi Off untuk mengaktifkannya anda bisa melalui icon ToolsSafety lalu pilih InPrivate Filtering.
Sama seperti IE 8, Internet Explorer 9 juga di lengkapi dengan cross-site scripting (XSS) filter yang dapat mendeteksi serangan ini dan selanjutnya menonkatifkannya. Apa itu cross-site scripting (XSS)? Adalah sebuah serangan yang memanfaatkan kelemahan sebuah aplikasi web dengan menyisipkan script-script yang berbahaya untuk mendapatkan informasi data pribadi korban. Internet Explorer merupakan sebuah browser yang sangat aman tak heran jika banyak Bank-bank besar yang mewajibkan pengguna untuk membuka Internet Banking dengan menggunakan Internet Explorer.