Ads 468x60px


1 Agustus 2010

Tentang GOOGLE rev II


http://laughingsquid.com/wp-content/uploads/fsm-google-doodle.png



KENAPA BERNAMA GOOGLE
Google adalah plesetan dari kata ‘googol’, yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner, untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol dibelakangnya. Google memakai kata ini dalam menjelaskan misi perusahaan untuk mengorganisasi sedemikian banyaknya informasi yang tersedia di Internet dan didunia ini.
TENTANG GOOGLE
Google mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pencarian di Internet yang terbaik dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan, kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1.3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia kurang dari setengah detik. Sampai hari ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari.
Dua mahasiswa Ph.D. dari Stanford, Larry Page dan Sergey Brin, mendirikan Google tahun 1998. Perusahaan pribadi itu mengumumkan pada bulan Juni1999 bahwa perusahaan itu telah memiliki sumber pendanaan sebesar $25 juta. Sumber pendanaan perusahaan meliputi Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequioa Capital. Google menyajikan layanan melalui situs publik miliknya, www.google.com. Perusahaan juga menawarkan solusi pencarian web secara co-branded untuk para penyedia informasi.

PROFIL PENDIRI
LARRY PAGE, Co-founder & President
Larry Page lulus dengan memuaskan untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu pengetahuan dan sarjana teknik dari Universitas Michigan, Ann Arbor. Ketika di Universitas Michigan, Page menerima berbagai penghargaan kepemimpinan atas usahanya untuk memajukan fakultas teknik. Page juga menjadi presiden Masyarakat Universitas Michigan, Penghargaan Eta Kappa Nu. Dia sekarang mengambil cuti dari Stanford University, tempat dia menjadi calon perih Ph.D. dalam ilmu komputer bersama Terry Winograd. Page melahirkan dan memimpin proyek penelitian Stanford yang kemudian mengantarkannya menjadi Google.
Pengalaman kerjanya adalah termasuk mendesain perangkat lunak Sistem Manajemen Tingkat lanjut di Washington, D.C., dan CogniTek di Evanston , Ill. Pada awalnya dia terpengaruh oleh ayahynya, seorang profesor ilmu komputer. Page pertama kali menggunakan komputer pada 1979. Dia mendirikan Google Ic. pada 1998 bersama Sergey Brin.
SERGEY BRIN, Pendiri dan Presiden, Teknologi
Sergey Brin, orang asli Moskow, meraih gelar sarjana ilmu matematika dan komputer dengan sangat memuaskan dari Universitas Maryland di College Park. Di sekarang mengambil cuti dari program Ph.D. dalam ilmu komputer di Universitas Stanford tempat dia menerima gelar master. Sergey, 27 tahun, adalah penerima beasiswa National Science Foundation Graduate Fellowship.
Ketika di Stanford dia bertemu larry dan mengerjakan proyek yang kemudian menjadi Google. Mereka bersama-sama mendirikan Google, Inc. pada 1998.
Ketertarikan Brin pada penelitian mencakup mesin pencari, mengekstraksi informasi dari sumber yang tak terstruktur, dan pengambilan data dari koleksi yang sangat besar dan data ilmu pengetahuan. 
Dia telah menerbiatkan lusinan publikasi dalam jurnal-jurnal akademis terkemuka, termasuk Extracting Patterns and Relations from the World Wide Web; Dynamic Data Mining: A New Architecture for Data with High Dimensionality, yang diterbitkannya bersama Larry Page; Scalable Techniques for Mining Casual Structures; Dynamic Itemset Counting and Implication Rules for Market Basket Data; dan Beyond Market Baskets: Generalizing Association Rules to Correlations.
Brin telah menjadi pembicara pada berbagai forum akademis nasional dan internasional, bisnis dan teknologi termasuk American Achievement; European Technology Forum; Technology, Entertainment and Design; dan Silicon Alley 2001. Ketika tidak disibukkan dengan begitu banyak tanggug jawab sebagai pemimpin perusahaan, Brin belajar traeze dan menyeam dan berkecimpung dalam permainan hoki bersama dengan karyawan Google yang lain.

TEKNOLOGI GOOGLE
Teknologi pencarian Google yang inovatif dan tata muka pemakainya yang elegan menempatkan Google pada posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang tersedia saat ini. Dibandingkan dengan hanya menggunakan teknologi kata kunci atau metasearch, Google memakai teknologi terbaru PageRank yang sedang dipatenkan, teknologi ini menjamin informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu.
PageRank menampilkan pengukuran yang objektif mengenai tingkatan halaman web dan diukur dengan cara menyelesaikan sebuah persamaan dengan 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi. PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas seperti dalam sebuah struktur organisasi. Pada intinya, Google menginterpretasikan sebuah keterkaitan dari Halaman A ke Halaman B sebagai sebuah “suara” oleh Halaman A untuk Halaman B. Google menilai pentingnya halaman web berdasarkan perolehan suara yang diperoleh. Google juga menganalisa halaman yang memberikan suara.
Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak membolehkan adanya gangguan dari manusia. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli “tempat yang lebih tinggi” di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang bermutu tinggi dengan cara yang mudah.
KENAPA MENGGUNAKAN GOOGLE
Perkenalan
Google menggunakan kombinasi yang unik antara perangkat keras dan lunak yang canggih. Kecepatan pencarian yang tinggi adalah hasil dari efisiensi algoritma pencarian yang dilakukan oleh beberapa ribu komputer-komputer yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.
Bagian terpenting dari perangkat lunak yang kami gunakan adalah PageRank(TM), yaitu sebuah sistem yang meranking halaman web yang dikembangkan oleh pendiri kami Larry Page and Sergey Brin di Universitas Stanford. Walaupun kami mempunyai lusinan pekerja ahli yang meningkatkan segala aspek Google setiap hari, PageRank tetap menjadi fondasi bagi semua alat pencari kami.
Penjelasan PageRank
PageRank tergantung pada sifat demokratis web yang unik dengan menggunakan struktur linknya yang kuat sebagai indikator dari nilai sebuah halaman. Intinya, Google menginterpretasikan link dari halaman A ke halaman B sebagai sebuah pilihan (vote), oleh halaman A, untuk halaman B. Tetapi, Google melihat lebih dari sekadar jumlah pilihan, atau link yang diterima oleh seuatu halaman; Google juga menganalisis halaman yang memberi pilihan tersebut. Pilihan yang diberikan oleh halaman yang sendirinya juga “penting” berbobot lebih tinggi dan membantu membuat halaman lain “penting”.
Situs yang penting dan berkualitas tinggi akan memperoleh lebih banyak PageRank, dan akan diingat oleh Google pada tiap-tiap pencarian. Tapi halaman yang penting tetap saja tidak berguna bila ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda. Oleh karena itu, Google mengkombinasikan PageRank dengan teknik pembandingan teks untuk mencari halaman web yang penting dan relevan dengan apa yang anda cari. 
Google lebih dari sekedar menghitung jumlah keberadaan kata dalam sebuah halaman dan memeriksa segala aspek dari isi halaman (termasuk halaman-halaman yang terkait) untuk memutuskan apakah halaman tersebut cocok dengan apa yang anda cari.
Integritas
Metode Google yang kompleks dan terotomatisasi sangat menyulitkan gangguan dari pihak manusia untuk mengacaukan hasil pencarian. Walaupun kami menyajikan iklan yang relevan di atas dan di samping hasil pencarian, Google tidak menjual prioritas penempatan dalam urutan hasil (tidak ada yang bisa membeli PageRank). Pencarian dengan Google merupakan sesuatu yang mudah, jujur, dan obyektif untuk menemukan situs web berkualitas tinggi dengan informasi yang relevan dengan pencarian anda
Alasan untuk menggunakan Google
Karena Google memberikan hasil pencarian yang relevan –paling pertama dan cepat! Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi sehingga dapat diakses dan berguna. Tanpa perlengkapan pencarian yang sangat berdaya guna, mencari suatu website tertentu sangat sulit, untuk tidak mengatakan mustahil.
Google membawa keteraturan pada Internet.
Google dirancang untuk menciptakan keteraturan pada kekacauan informasi. Inilah sebuah layanan pencarian seharusnya; bukan sebuah direktori yang diedit, atau dibatasi atau sebuah daftar dari hasil yang sudah didapat dari pencarian yang paling banyak, tetapi sebuah metode pengorganisasian Internet berdasarkan strukturnya itu sendiri.
Google memungkinkan penggunanya untuk mencari lebih dari 1 juta URL.
Indeks Google, yang terdiri dari lebih 1 juta URL, adalah yang pertama dari jenisnya dan mewakili koleksi yang komprehensif halaman-halaman web yang berguna di Internet.
Google hanya memberikan hasil halaman-halaman yang mengandung kata-kata yang Anda masukkan.
Tidak seperti mesin pencari lainnya, Google hanya menghasilkan pencarian yang cocok dengan semua kata yang Anda masukkan, baik itu adlam teks suatu halaman atau dalam link-link yang menuju ke halaman tersebut. Tidak ada lagi frustrasi dengan hasil yang tidak ada hubungannya dengan kata-kata yang Anda cari.
Google melokasikan kata-kata yang Anda cari dalam suatu halaman.
Hasil pencarian Google tidak hanya mengandung semua kata-kata yang Anda cari, tetapi Google juga menganalisa kedekatan kata-kata tersebut di dalam suatu halaman. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google memprioritaskan hasil menurut kedekatan kata-kata yang dicari. Kami mengutamakan hasil yang mendekati kata-kata yang Anda cari, jadi Anda membutuhkan waktu yang sedikit dalam mengelola hasil yang tidak relevan.
Google menawarkan preview yang relevan untuk setiap hasil.
Menghindari ringkasan halaman web yang tidak pernah berubah, Google menyerap teks yang cocok dengan kueri Anda di dalam hasil pencarian. Fitur ini menghemat waktu dan frustrasi dalam meload halaman web yang tidak relevan.
Google bisa membuat Anda merasa beruntung!
Google sangat hati-hati dalam menghasilkan hasil yang paling tepat untuk pencarian yang umum seperti nama-nama perusahaan. Kami sangat percaya diri, bahkan, kami menginstal tombol “I’m Feeling Lucky™”, yang membawa Anda langsung ke website dari hasil pencarian yang pertama. Fitur Google “I’m Feeling Lucky™” dirancang untuk membawa Anda ke informasi dengan cepat.
Google mengcache halaman-halaman web.
Google menyimpan banyak halaman web dalam cachenya untuk diambil kepada Anda sebagai back-up kalau-kalau server halaman tersebut gagal secara temporer. Melihat bahan-bahan yang dicache ini seringkali lebih cepat daripada mengikuti link yang biasa, walaupun informasi yang Anda dapat kurang up-to-date.

FITUR-FITUR GOOGLE (Fitur Khusus) 
Pencarian Gambar (BETA)
Pencarian Gambar Google merupakan mesin pencari gambar yang paling luas di Web, dengan lebih dari 250 juta gambar terindex dan tersedia untuk dilihat. Untuk menggunakan pencarian gambar, kunjungi halaman pencarian tingkat lanjut atau http://www.google.com/imghp?hl=id dan masukkan kata dalam kotak pencarian gambar, kemudian klik tombol “Cari”. Pada halaman hasil pencarian, klik saja thmbnail untuk melihat versi yag lebih besar dari gambar itu, juga halaman tempat gamabr itu berada. (Catatan: untuk mengaksesnya, tampilan bahasa Anda harus disetting dalam bahasa Inggris dalam pilihan halaaman).
Gambar-gambar yang ditengarai oleh Pencarian Gambar Google mungkin dilindungi oleh hak cipta. Meskipun Anda dapat menentukan lokasi dan mengakses gambar itu lewat layanan kami, Google tidak bisa menjamin Anda untuk menggunakan gambar-gambar itu untuk tujuan apapun selain melihatnya di web. Dengan demikian, jika Anda ingin menggunakan gambar manapun yang Anda temukan lewat layanan ini, kami menyarankan Anda untuk menghubungi pemilik situs untuk memperoleh ijin yang dibutuhkan.
PERHATIAN: Hasil yang Anda lihat dalam fitur ini mungkin berisi muatan untuk orang dewasa. Google mempertimbangkan beberapa faktor ketika menentukan sebuah gambar relavan dengan permintaan pencarian Anda. Karena metode ini belum seluruhnya terbukti dapat digunakan oleh orang dungu sekalipun, sangat dimungkinkan beberapa gambar yang tidak semestinya terangkum dalam gambar-gambar yang Anda lihat.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan.
Terjemahan Halaman Web
Google memecah halangan bahasa dengan fitur baru terjemahan (BETA). Dengan menggunakan teknologi mesin penerjemahan, Google sekarang memungkinkan orang berbahasa Inggris untuk mengakses sejumlah halaman web non-Inggris.
Jika hasil pencarian Anda menampilkan hasil yang non-Inggris, akan ada sebuah link ke halaman versi terjemahan itu dalam bahasa Inggris.
Juga jika Anda menginginkan jdul-judul dan rangkuman hasil pencarian Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, memungkinkan opsi terjemahan pada halaman preferensi. Jika fitur ini diaktifkan, Google secara otomatis akan menerjemahkan hasil pencarian Anda ke dalam bahasa Inggris.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan tentang terjemahan.
Cari file PDF
Hasil pencarian Google sekarang termasuk file Format Adobe Portable Document (PDF). Meskipun file PDF jumlahnya tidak sebanyak file HTML, seringkali format file ini memuat informasi yang bermutu tinggi yang tidak tersedia di tempat lain.
Untuk menandai bahwa suatu hasil pencarian tertentu merupakan file PDF dan bukan suatu halaman web, tanda [PDF] muncul dalam teks warna biru di depan judul file. Hal ini membebaskan Anda untuk mengetahui bahwa proram itu, Acrobat Reader, akan terbuka untuk melihat file ini. Klik pada link judul di sebelah kanan tanda [PDF] untuk mengakses dokumen pdf itu. (Jika Anda tidak memiliki program Adobe Acrobat di komputer, maka Anda akan diarahkan ke halaman tempat Anda bisa mendownload program itu dengan gratis.)
Untuk file-file DPF, link halaman “Tersimpan” digantikan dengan “Versi Teks”. Versi teks ini adalah salinan dari dokumen PDF yang semua perintah formatnya sudah dihilangkan.
Jika Anda lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa links PDF, ketik saja -filetype:pdf dalam kotak pencarian bersama dengan kata(-kata) yang Anda cari.
Link-link Tersimpan
Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jika Anda mengklik link “Tersimpan”, Anda akan melihat halaman seperti ketika kami mengindexnya. Muatan tersimpan itu merupakan muatan yang digunakan Google apakah halaman itu cocok dengan pencarian yang Anda lakukan.
Ketika halaman tersimpan ditampilkan, maka akan tampak header pada sisi atas sebagai penanda bahwa halaman itu merupakan versi tersimpan dan bukan halaman itu sendiri. Istilah yang sesuai dengan pencarian Anda disorot dalam versi tersimpan sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui mengapa halaman iu relevan bagi Anda.
Link “Salinan” tidak akan muncul untuk situs-situs yang belum kami indeks, juga bagi situs-situs yang pemiliknya telah meminta kami untuk menghapus isi hasil salinan.
Halaman Mirip
Jika Anda mengklik link “Halaman mirip” untuk mendapatkan hasil pencarian, Google secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang berhubungan dengan hasil ini.
Link “Halaman Serupa” punya banyak kegunaan. Jika Anda menyukai isi suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin tidak Anda ketahui. Jika Anda mencari informasi produk, “Halaman Serupa” dapat menemukan informasi yang bersaing untuk Anda, sehingga Anda dapat menemukan tawaran yang terbaik. Jika Anda tertarik pada penelitian di suatu bidang, ia dapat menolong Anda menemukan sejumlah besar bahan referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut.
Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web.
Meski demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang bisa kami temukan untuk Anda. Contohnya, Google mungkin tidak mampu menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi Anda, jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan dengan halaman-halaman lain. Juga, jika perusahaan menggunakan begitu banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi lebih banyak pada URL lain. Secara umum “Halaman Mirip” berhasil dengan baik pada sebagian besar halaman web.
Temukan siapa yang terhubung dengan Anda
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Satu kata itu bagi Google contohnya adalah kata link: operator. Pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk pada URL itu. Sebagai contoh, link:www.google.com akan menampilkan semua halaman yang menunjuk ke homepage Google. Anda tidak bisa menggabungkan pencarian link: dengan satu kata kunci pencarian.
Pembatasan Domain
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata “site:”. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.
Saya Merasa Beruntung
Tombol “Saya sedang Beruntung™” secara otomatis membawa Anda langsung ke halaman pertama hasil pencarian. Anda tidak akan melihat hasil pencarian yang lain. Pencarian “Saya Sedang Beruntung” artinya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mencari halaman web dan lebih banyak waktu untuk memperhatikannya.
Sebagai contoh, untuk menemukan homepage Universitas Stanford,masukkan saja Stanford ke dalam kotak pencarian dan klik tombol “Saya Sedang Beruntung”. Google secara langsung akan membawa Anda ke “www.stanford.edu”, homepage resmi Universitas Stanford.