Ads 468x60px


26 Agustus 2010

Memutar File Streaming .m3u di Ubuntu


Ubuntu Sore ini ketika saya coba klik streaming dari radio (www.pro3rri.com), yang terletak di sebelah kanan, ternyata saya diarahkan pada url: http://www.pro3rri.com:8000/live.m3u. Secara otomatis Firefox memberikan jendela konfirmasi tentang bagaimana harus memerlakukan file .m3u itu. Pilihan yang pertama (default) adalah memutarnya dengan Movie Player, tapi tidak bisa. Kelihatannya Movie Player bawaan default dari Ubuntu tidak cukup memiliki codecs untuk memutar file .m3u.
File .m3u sendiri adalah aslinya bukanlah sebuah file media tetapi .m3u merupakan bagian dari mp3. File .m3u adalah format file komputer yang menyimpan playlist multimedia dan diterapkan pertama kali oleh Winamp. File ini adalah sebuah file plain text yang mengandung lokasi dari satu atau lebih file media yang harus dimainkan oleh media player. Atau dengan kata lain, .m3u ini cuma jalur atau alamat ke file aslinya.
Namun jangan salah, file .m3u ini banyak sekali digunakan di internet terutama oleh para artis (band) untuk me-link MP3 atau file media lainnya milik mereka dari server ke website.
Untuk dapat memainkan file .m3u di Movie Player Ubuntu kita memerlukan paket tambahan, yaitu paket ubuntu-restricted-extras.

jafar@jafars:~$ sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Setelah selesai download paket di atas, coba ulangi untuk membuka streaming web atau file .m3u yang sebelumnya tidak dapat dibuka.