Ads 468x60px


4 September 2010

Perusahaan Komputer Terbesar Didunia


Perusahaan Cupertino-based melihat Mac terjadi kenaikan penjualan lebih dari 38 persen sebesar 14 juta unit di Amerika selama 3 bulan periode akhir Juni, membuat perusahaannya terbesar ketiga diantara Dell dan HP, yang terjadi kenaikan penjualan 11.9 persen dan 5.6 persen kepada 5.25 juta dan 4.167 juta unit, berturut-turut.

Saham Apple pada bursa PC Amerika meningkat sebesar 2 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Total keseluruhan pengiriman PC di Amerika mencapai 16.5 juta unit pada tahun 2008, permintaan akan komputer mengalami kenaikan sebesar 4.2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dell akan merajai pasar PC di Amerika pada tahun 2008 sebesar 31.9 persen, kata Mika Kitagawa seorang analis untuk Gartner's Client Computing Markets group. Pengiriman PC Apple akan tumbuh sebesar 38.1 persen pada perempatan tahun ini.


Penjualan komputer Apple menang tipis terhadap Acer, penjualan PC Apple mengalami kemunduran lebih dari 20 persen, penjualannya turun sebesar 65,000 unit. Sementara itu, Toshiba mengalami peningkatan penjualan PC 2.8 persen sebesar 907,000 unit, saham Toshiba sebesar 5.5 persen dan berada di urutan ke lima besar pada vendor PC di dunia.

Pengiriman PC dunia mencapai 71.9 juta unit pada perempatan tahun 2008, tiap tahun mengalami peningkatan sebesar 16 persen. Bagaimanapun posisi Apple tidak akan beranjak dari 5 besar pabrik PC dunia dan dibelakang Apple terdapat Toshiba yang menjual 3.14 juta unit pada perempat tahun ini, penjualan naik sebesar 4.4 persen.

“Laptop akan terus bertumbuh dan merajai dalam penjualan komputer di dalam penjualan harga rata-rata dibandingkan dengan PC yang akan mengalami kemunduran dalam penjualan”, kata Kitagawa. “Ketidakpastian Ekonomi membuat penjualan komputer menjadi berkurang, terutama pasar dari Amerika dan Eropa, Asia Tenggara, dan Afrika.

Komputer HP berada di urutan No.1 yang mana perusahaan ini menjual sebesar 13 juta komputer, dengan laju pertumbuhan sebesar 17.1 persen dan jumlah saham yang dimilikinya sebesar 18.1 persen, dengan pertumbuhan 21.9 persen tiap tahunnya. Acer memiliki jumlah saham sebesar 9.4 persen, Lenovo memiliki jumlah saham 7.8 persen, dan Toshiba memiliki jumlah saham sebesar 4.4 persen.

Perkiraan IDC

Sedikit lebih berhati-hati dibanding saingannya, IDC berkata pada hari Rabu (09/07/2008) pihaknya telah melakukan studi kasus terhadap perusahaan Apple yang mana perusahaan ini akhirnya dapat dipatahkan dari penghalang simbolis dan debut vendor komputer Apple di Amerika akan berada di 3 besar.

IDC akan mengirimkan komputer sebanyak 1.33 juta diantara bulan April dan Juni yang memberi andil 7.8 persen pada pasar Amerika dan Taiwan, kata Mac.

Pertumbuhan sinyal Apple dari tahun ke tahun berkisar 31.7 persen, processor Apple akan diganti menggunakan processor Intel. Pertumbuhan Acer sangat cepat sebesar 49.9 persen.

Apple tidak mungkin akan mengalahkan kedua vendor di negara Amerika yaitu Dell dan Hewlett-Packard. Pejualan komputer Dell sebesar 32 persen sedangkan HP sebesar 25.1 persen, berarti antara Dell dan HP hanya berselisih 5.9 persen. Toshiba kehilangan 2 persen diawal periode dari 54 persen menjadi 52 persen